Empal Gentong

Khas Cirebon




Hallo semua... kembali lagi di blog makanan khas cirebon yang akan mengulas khusus tentang makanan maupun minuman khas yang berasal dari Cirebon.


Kali ini ada makanan favorit saya, yupz.... EMPAL GENTONG.



Empal Gentong
Empal Gentong Khas Cirebon


Empal Gentong merupakan jenis “soto” yang sangat khas, Rasa Gurih dari santan dan aroma daging yang menusuk hidung membuat empal gentong menjadi favorit para pelancong ketika berkunjung ke cirebon.

Nama Empal Gentong

Nama Empal Gentong sendiri sangatlah unik, Empal yang berarti “daging” dan gentong merupakan sebuah wadah bejana yang biasanya terbuat dari tanah liat. Dinamakan empal gentong karena makanan ini dibuat / dimasak menggunakan gentong dan menjadikan daging/babat sebagai bahan utamanya, jadi empal gentong bisa diartikan daging yang dimasak dengan menggunakan gentong. 

Rasa Empal Gentong

Rasa Empal Gentong sendiri tak jauh beda dengan “soto” lain yang ada di Indonesia namun, ditambahkan bumbu khas cirebon dan cara masak menggunakan gentong menjadikan rasa empal gentong semakin khas dan eksklusif. Walaupun ada beberapa penjual yang beralih menggunakan alat selain gentong sebagai alat memasak, namun masih banyak juga penjual legendaris makanan ini yang masih melestarikan cara masak tradisional dengan menggunakan gentong untuk menjaga cita rasa asli dan melanjutkan budaya tentunya.

Empal Gentong
Empal Gentong Khas Cirebon


Empal gentong paling nikmat disantap saat makan siang apalagi di cuaca dingin membuat rasa empal gentong semakin nikmat. 


Pada umumnya empal gentong menggunakan babat dan dicampur daging sapi sebagai bahan utmananya, namun jika pembeli tidak menyukai babat, pelanggan bisa pesan versi full daging sapi. 

Empal Gentong
Empal Gentong Khas Cirebon

Rekomendasi Tempat menikmati Empal Gentong

Jika anda berkunjung ke cirebon empal gentong menjadi salah satu makanan yang dicicipi, selain rasanya yang khas anda juga akan menikmati salah satu legenda makanan yang ada di cirebon. Anda tidak akan kesulitan mencari kedai / warung yang menjual makanan ini, anda menemukannya di pusat kota ataupun di pinggiran kota, salah satu tempat makan yang terkenal dengan empal gentongnya adalah Empal Gentog H.Apud yang sudah memiliki beberapa cabng di cirebon. 


Terimakasih sudah mampir.... jangan lupa kunjugi artikel menarik lainnya di sini untuk menemukan makanan khas cirebon lainnnya.