Nasi Lengko 

Khas Cirebon





Hallo semua... kembali lagi di blog saya, yang tentu saja mengulas tentang masakan - masakan khas Cirebon. Jadi, jika kalian mencari referensi makanan khas/tradisional khususnya dari daerah Cirebon yang pastinya Enak kalian tidak salah mampir di blog ini.




Kali ini saya akan mengulas tentang salah satu legenda makanan di Cirebon. Nasi Lengko...!!!!

Nasi Lengko Khas Cirebon
Nasi Lengko


Bagi Warga Cirebon, Nasi Lengko merupakan makanan sehari - hari. Makanan ini sangat digemari di semua kalangan mulai dari kalangan anak - anak, remaja sampai kalangan dewasa. Umumnya, Nasi Lengko dinikmati di pagi hari sebagai sarapan namun tak jarang juga disantap sebagai makan siang maupun makan malam, sebagai bocoran makanan ini menjadi favorit saya sewaktu masih sekolah dulu, dari SD sampai tingkat SMA Ibu saya sering membelikan sarapan Nasi Lengko ini. 

Dengan Harga yang terjangkau Nasi Lengko menjadi favorit bagi semua kalangan, tapi jangan salah meskipun harganya murah namun cita rasa Nasi Lengko tidaklah murahan, yang  membuat Nasi Lenko unik adalah kesederhanaan komposisinya namun tetap dapat membuat cita rasa Nasi Lengko begitu Kaya.

Lalu, apa saja sih yang ada di Nasi Lengko...Apa keunikannya??


Nasi yang digunakan pada Nasi Lengko adalah nasi putih biasa, yang membuatnya unik adalah pelengkapnya. Secara tampilan Nasi Lengko lebih mirip nasi rames, semacam nasi campur yaitu nasi yang disajikan langsung dengan lauk pauknya di satu tempat.
Tahu dan tempe goreng (oreg) ditambahkan di atas nasi kemudian ditambahkan juga kecambah atau tauge, mentimun plus bawang goreng kemudian ditaburi juga daun kucai dan ditambahkan kecap manis diatasnya, yang paling khas dari Nasi Lengko adalah ditambahkannya Saus Kacang yang agak sedikit pedas membuat Nasi Lengko berbeda dengan sajian lainnya, agar semakin lengkap biasanya ditambahkan gorengan (Tempe / bakwan / Tahu) plus telur dadar/ceplok ataupun hanya dengan Kerupuk.


Nasi Lengko Khas Cirebon
Nasi Lengko
Rasanya??? gak usah ditanya, akan sangat sensasional...
Jika anda berkunjung ke Cirebon, anda wajib mencicipi Nasi Lengko yang melegenda ini, anda bisa menemukan warung / kedai Nasi Lengko di sudut - sudut jalan, salah satu yang terkenal adalah warung Nasi Lengko Bahagia.
Nasi Lengko Khas Cirebon
Nasi Lengko
Nasi Lengko Khas Cirebon
Nasi Lengko












Terimakasih sudah mampir ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar di bawah untuk mendapatkan informasi menarik tentang makanan khas Cirebon lainnya.